"SELAMAT DATANG DI CORETAN Agus_1moeD... SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN. JANGAN LUPA ISI KOMENTAR ATAU BUKU TAMUNYA. ARIGATO GOZAIMASU.. ..."

Kamis, 30 Juli 2009

Antisipasi hacking facebook dengan login palsu [fakelogin]



Saat ini, Facebook menjadi situs jejaring social (Social Networking Site) paling popular di dunia maya di banding situs jejaring social lainnya.. Berdasarkan data terakhir Check Facebook, pengguna facebook di seluruh dunia mencapai 230.379.660 pengguna dengan pengguna terbesar berasal dari Amerika Serikat yakni 70.340.120 pengguna. Indonesia menduduki posisi ke 7 dengan 6.919.120 pengguna. Sementara negera dengan pertumbuhan pengguna facebook terbesar adalah Taiwan yang mencapai 15.79 % dengan total pengguna 102.140 orang.

Banyaknya jumlah pengguna menyebabkan facebook menjadi salah satu sasaran chyber crime baik melalui penipuan dalam berinteraksi didalam facebook maupun percobaan dalam mencuri account. Sebab, dengan memasang perangkap, maka username dan password yang terjaring lebih banyak dan lebih variatif. jadi kita harus berhati-hati..
Sepanjang pengetahuan, facebook tidak memiliki bug vulnabilitas yg perlu ditakuti pengguna facebook karena seluruh proses patching dan updating dilakukan langsung internal facebook developer dan facebook third developer. Memang enak jadi anggota facebook hehehe serasa hidup di atas kapal pesiar Titanic dimana masalah teknis cukup diurus nahkoda dan ABK (anak buah kapal). Sementara penumpang seperti saya cukup jadi user facebook yg setia sampai facebook bangkrut atau sampai google beli facebook hehehe .. becanda ?
Reputasi facebook sebagai web aplikasi paling keren saat ini bisa tercoreng karena dihack hacker. Soal ini, sy selalu taat hukum dasar internet underground, yaitu tidak ada platform / framework / web aplikasi yg tidak memiliki bug alias bulletproof. Tidak ada web, blog, dan forum kebal serangan hacker. Saya yakin setiap blog wordpress yg disetting privacy private masih bisa disadap.
Bila kamu merasa mengalami redirect lalu melihat halaman web yg mirip dengan halaman login facebook. Maka langsung cek alamat domain halaman redirect barusan. Apabila ternyata halaman login tsb berasal dari domain di luar www.facebook.com. Maka waspada dan langsung cek.
Apabila nama domain mirip fb alias salah ketik kata facebook, seperti face-bokep.com . facebookku.com atau facebppk.com maka bisa langsung diartikan kalau halaman login tsb berasal dari halaman login facebook palsu yg didesain untuk mengelabui user. Istilah hacking web semacam ini adalah phishing (web forgery / Pemalsuan Web).
Ciri - ciri Web yang palsu :
1.User diminta logging ke accounts mereka dengan memasukkan username atau alamat email dan password.
2. Setelah memasukkan informasi, user diredirect menuju ke halaman web yg asli untuk sekali lagi login.
Antisipasi
Mnghindari teknik phising facebook ini, cara paling ampuh adalah meningkatkan kewaspadaan. Langkah detailnya sebagai berikut :

1. Hanya menerima konfirmasi pertemanan dari orang yang sudah kita kenal
2. Pastikan, alamat facebook hanya
http://www.facebook.com
3. Bookmark alamat facebook asli agar tidak terkecoh
4. Perhatikan link konfirmasi pertemanan. Jika pada link tidak tercantum alamat facebook asli,abaikan saja. Konformasi asli pasti menyertakan alamat facebook seperti http://www.facebook.com/n/? reqs.php&mid=b676a5G6a24e1G74e2aG2

5. Selalu mengikuti perkembangan teknik kejahatan internet.

0 komentar:

Daftar Tulisan Terlaris

Arigato Gozaimasu


Free Blogspot Templates by agus 1moed and Sisca Meilana Dewi. Powered by Blogger