"SELAMAT DATANG DI CORETAN Agus_1moeD... SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN. JANGAN LUPA ISI KOMENTAR ATAU BUKU TAMUNYA. ARIGATO GOZAIMASU.. ..."

Senin, 16 Mei 2011

Browsing Aman Menggunakan HTTPS di Facebook & Twitter

Sedikit Mengenai HTTPS

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah sebuah kombinasi dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan protokol Secure Socket Layer (SSL) atau protokol Transport Layer Security (TLS) yang menyediakan komunikasi terenkripsi dan identifikasi aman pada jaringan web server.
HTTPS dibuat dengan tujuan untuk mengamankan transaksi sensitif pada World Wide Web seperti transaksi pembayaran, halaman login, dan sebagainya agar terhindar dari serangan eavesdroppers (pencuri data rahasia), dan man in the middle attacks.
Kesimpulannya jika website yang sedang Anda kunjungi menggunakan HTTPS pada web server-nya maka semua kegiatan yang Anda lakukan di website tersebut aman karena data yang dikirim maupun diterima dari browser Anda sampai ke web server website tersebut dienkripsi sehingga walaupun ada orang yang mencuri data orang tersebut tidak bisa membacanya tanpa mengetahui rumus enkripsinya.

Browsing di Facebook dan Twitter Menggunakan HTTPS

Beberapa waktu yang lalu dua Social Networking terbesar di dunia yakni Facebook dan Twitter sudah menyediakan layanan HTTPS di website-nya. Layanan ini sangat direkomendasikan untuk dipakai karena di Facebook maupun Twitter sangat rawan pencurian data. Berikut ini penulis memberikan penjelasan cara menggunakan HTTPS di Facebook dan Twitter (saat tulisan ini dibuat).

Cara setting HTTPS di Facebook :
Masuk ke menu Account > Account Settings > Settings > Account Security > klik change.
https facebook
Pada Secure Browsing (https) ceklist Browse Facebook on a secure connection (https) whenever possible.
Cara setting HTTPS di Twitter :
Masuk ke menu Profile > Edit your profile > Account.
https twitter
Pada HTTPS Only ceklist Always use HTTPS, lalu klik Save.
address bar https
Jika pada Address Bar sudah muncul HTTPS seperti di atas maka layanan HTTPS sudah bisa digunakan.

Login Aman Menggunakan HTTPS di Facebook dan Twitter

Tips ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering menggunakan hotspot publik saat browsing, karena saat proses login yang tanpa HTTPS, alamat email dan password Anda dikirim dalam format plain text yang tidak terenkripsi. Alamat email dan password Anda bisa saja dicuri dengan mudah oleh user lain yang juga sedang browsing di hotspot tersebut. Berikut cara login di Facebook dan Twitter dengan aman :
Buka alamat Facebook dan Twitter seperti biasa.
unsecure login
Pada Email dan Password tidak usah diisi langsung saja klik Login.
secure login
Maka akan muncul halaman Login dengan HTTPS, barulah masukkan alamat email dan password, nah sekarang Anda sudah bisa melakukan login dengan aman.

0 komentar:

Daftar Tulisan Terlaris

Arigato Gozaimasu


Free Blogspot Templates by agus 1moed and Sisca Meilana Dewi. Powered by Blogger